Network
Artikel Lainnya
Alexa Rank

7 Manfaat Memasang Lantai Vinyl di Kamar Mandi

7 Manfaat Memasang Lantai Vinyl di Kamar Mandi
Kamar mandi rentan terhadap kerusakan karena semua air yang digunakan di area tersebut, jadi penting untuk memasang jenis lantai yang tahan terhadap penggunaan air yang sering. Sebagai salah satu bahan bangunan utama untuk membangun rumah, lantai sendiri memiliki berbagai jenis. Ketika datang ke kamar mandi, lantai Vinyl adalah salah satu pilihan lantai terbaik untuk dipasang di dalam karena memberikan beberapa manfaat. 
 
Lantas apa saja perbedaan manfaat memasang lantai vinyl di kamar mandi? Beberapa manfaat memasang lantai vinyl plank di kamar mandi antara lain sebagai berikut:
 
Manfaat Lantai Vinyl di Kamar Mandi
 
Meskipun ada beberapa pilihan lantai untuk dipilih, lantai vinyl memiliki keunggulan dalam hal penggunaan kamar mandi karena manfaatnya. Berbeda dengan bagian rumah lainnya, kamar mandi banyak menggunakan air, sehingga lantai di area ini lebih rentan terhadap kerusakan. Berikut manfaat memiliki lantai vinyl plank di kamar mandi: 
 
1) Kemudahan Perawatan
 
Kamar mandi bisa menjadi sangat mudah kotor, jadi penting untuk memilih jenis lantai yang mudah dirawat. Perawatan untuk jenis lantai ini tidak memerlukan perawatan khusus yang sangat bagus untuk orang yang tidak ingin khawatir merusak lantai mereka. Ini juga direkomendasikan bagi mereka yang tidak ingin menghabiskan waktu ekstra untuk menghilangkan kotoran, noda, atau kotoran di atasnya. 
 
Perawatan lantai vinyl plank juga terbilang murah. Anda dapat menggunakan pembersih komersial yang direkomendasikan untuk lantai vinyl atau membuat pembersih buatan sendiri dengan beberapa produk rumah tangga seperti cuka sari apel, minyak jojoba, atau soda kue. Namun, yang terbaik adalah menghindari scrub abrasif, amonia, atau deterjen saat menghilangkan noda atau kotoran untuk mencegah kerusakan.
 
2) Tahan Air
 
Saat memasang lantai di dalam kamar mandi, Anda harus memastikannya tahan air. Lantai papan vinyl memberikan ketahanan air yang luar biasa, dengan jenis yang lebih mewah yang mampu menolak air untuk waktu yang lebih lama. Selain ketahanan alaminya terhadap air, lantai vinyl juga tahan terhadap noda dan kelembapan. Kurangnya jahitan lantai mencegahnya dari akumulasi jamur dan pertumbuhan bakteri, yang merupakan masalah umum yang terjadi pada lantai kamar mandi. 
 
Salah satu alasan utama mengapa lantai papan vinyl tahan air adalah karena terbuat dari PVC, yang merupakan bahan pipa yang sama. Manfaat ini juga membuat lantai ideal untuk bagian lain dari rumah seperti dapur, ruang cuci, dan ruang makan. Namun, pemasangan yang tepat diperlukan agar lantai jenis ini tahan air. Lantai vinyl yang dipasang dengan tidak benar dapat memungkinkan air dan kelembapan meresap melalui lapisan. 
 
4) Mudah untuk Menginstal
 
Bagi mereka yang ingin memotong biaya dan memasang lantai dan DIY sendiri, lantai vinyl cukup mudah dipasang terutama jika subfloor Anda sudah utuh dan rata. Misalnya, ubin vinyl dapat dibeli per potong dan dipasang menggunakan lem atau aplikasi kupas dan tempel. Keuntungan ubin vinyl ini juga berguna saat memperbaiki kerusakan. Karena mudah dipasang, Anda dapat menyimpan beberapa lantai tambahan dan mengganti sendiri area yang rusak. 
 
5) Tahan Lama
 
Kamar mandi harus memiliki lantai yang tahan lama dan lantai papan vinyl memberi Anda keuntungan ini. Lantai jenis ini dapat mengatasi lalu lintas pejalan kaki yang padat, dan tidak mudah rusak bahkan jika barang berat dijatuhkan ke lantai. Bila dirawat dan dipasang dengan benar, lantai vinyl bisa bertahan sekitar 10-25 tahun. Siklus hidup yang rendah ini juga membantu Anda mengurangi biaya dalam jangka panjang karena Anda tidak perlu sering menggantinya. 
 
Ada berbagai jenis lantai papan vinyl yang tersedia di pasaran juga, dan semuanya memiliki tingkat ketahanan yang berbeda. Salah satu faktor yang harus Anda pertimbangkan ketika memilih lantai vinyl adalah lapisan keausannya karena ini memberi lantai dukungan ekstra yang dibutuhkan untuk menahan kondisi ekstrem. Beberapa produsen juga menambahkan lapisan urethane untuk perlindungan lebih. 
 
6) Nyaman
 
Lantai jenis ini dikenal memiliki alas kaki yang nyaman karena memiliki keseimbangan kekencangan yang sangat baik. Ini diproduksi dengan dukungan tipis di ujungnya yang memberikan permukaan berjalan lebih lembut dibandingkan dengan jenis lantai lainnya. Ini bagus untuk area di mana orang perlu berdiri untuk waktu yang lebih lama, seperti kamar mandi. Lantai vinyl juga terasa lebih hangat untuk kaki telanjang yang ideal untuk rumah yang terletak di daerah yang lebih dingin. 
 
7) Ragam Desain
 
Lantai papan vinyl tersedia dalam berbagai desain, gaya, dan warna, dan dapat menciptakan kembali tampilan jenis lantai yang lebih mahal. Berkat kemajuan teknologi, kini Anda dapat memiliki tampilan batu, lantai kayu keras, atau marmer tanpa menghabiskan banyak uang. Perbedaan-perbedaan ini juga tidak terlalu jelas dan akan membutuhkan pemeriksaan yang cermat untuk membedakannya satu sama lain. Ada juga pilihan lantai vinyl dengan finishing non-slip yang lebih aman untuk digunakan di kamar mandi. 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 08 Februari 22 - 11:44 WIB
Dibaca sebanyak : 349 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback